4 Tips Merawat Genset Rumah Anda

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang mengandalkan genset untuk mencadangkan listrik ke rumah Anda selama kemungkinan pemadaman listrik? Sama seperti mesin di mobil Anda, genset rumah Anda memerlukan perhatian dan perawatan rutin untuk memastikannya berfungsi saat Anda membutuhkannya. Kami telah menguraikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memelihara genset Anda di bawah ini:

 

1) PERIKSA PANDUAN PEMILIK

Perawatan genset rumah dimulai dengan buku panduan pemilik. Panduan pemilik penuh dengan materi yang berisi detail penting tentang pemeliharaan generator atau genset Anda dan memiliki informasi tentang jenis suku cadang dan oli yang Anda perlukan. Atau jika Anda membeli genset bekas Jakarta, Anda bisa tanyakan kepada produsen tempat Anda membeli bagaimana untuk merawat tipe genset yang Anda miliki.

 

2) MONITOR SIKLUS MINGGUAN

Terlepas dari apakah Anda memiliki generator listrik atau generator diesel, sistem generator Anda harus menjalankan siklus pengujian setidaknya sekali seminggu selama kira-kira 20 menit. Siklus ini akan terjadi pada waktu yang sama setiap minggu setelah Anda mengatur hari dan waktu, dan merupakan bagian penting dari pemeliharaan preventif untuk generator Anda. 

 

3) LAKUKAN INSPEKSI BULANAN

Kira-kira sebulan sekali dan setelah kapanpun genset Anda bekerja untuk waktu yang lama, Anda harus memastikan bahwa:

  • Unit dan sekitarnya bersih dari puing-puing dan tidak ada hewan pengerat atau hama lain yang mencoba membuat rumah dari generator Anda.
  • Periksa level oli unit Anda. Ini hanya boleh dilakukan saat unit tidak berjalan. Jika sudah waktunya untuk memeriksa oli, tetapi unit Anda telah aktif berjalan, tunggu setidaknya 10 menit setelah mematikannya sebelum memeriksa level oli.
  • Periksa apakah level cairan pendingin berada di tempat yang seharusnya.
  • Jika itu generator diesel, periksa level bahan bakar dan pemisah bahan bakar / air. Pastikan untuk mengalirkan air dan menambahkan lebih banyak bahan bakar yang sesuai.
  • Periksa baterai dan rumahannya dari tanda-tanda korosi atau kebocoran. Pastikan untuk memeriksa tidak ada kabel yang kendor dan terminal serta kabel bebas dari kerusakan atau keausan. Terakhir, luangkan waktu untuk memverifikasi bahwa pengisi daya baterai berfungsi sebagaimana mestinya.

 

4) JADWAL PEMELIHARAAN PENCEGAHAN BI-TAHUNAN DENGAN PROFESIONAL

Meskipun memang ada banyak hal yang dapat Anda lakukan pada waktu Anda sendiri untuk meningkatkan harapan hidup generator Anda, beberapa aspek perawatan unit yang lebih berbahaya dan rumit sebaiknya diserahkan kepada teknisi profesional. Saat Anda  menjadwalkan perawatan genset adapun hal yang akan dicek adalah :

  • Mengganti oli dan filter oli
  • Mengganti filter udara dan bahan bakar
  • Mengganti busi
  • Pengujian bahan bakar
  • Pembilasan sistem pendingin sesuai kebutuhan
  • Memeriksa baterai, kabel, dan kabel lainnya di seluruh unit Anda
  • Dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *