5 Hal Yang Harus Anda Periksa Sebelum Membeli Genset Bekas

Meskipun genset bekas bergaransi biasanya dapat diandalkan, seperti membeli mobil bekas, sulit untuk menilai bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukan peralatan tersebut. Oleh karena itu, mengetahui apa yang harus Anda cek saat membeli generator bekas adalah penting. Penulis merekomendasikan lima hal ini yang harus Anda periksa sebelum membeli.

  1. Pengujian Bank Beban

Unit bank beban bergerak bertujuan untuk meniru secara akurat beban operasional yang akan dicapai generator Anda saat berjalan. Ini pada dasarnya adalah ketel besar yang cocok dengan output daya generator dan memastikan generator tidak memburuk ke titik di mana suatu hari, ia tidak lagi dapat memberikan daya ke gedung dan akibatnya akan mati. 

  1. Pemasok Genset Bekas

Di mana dan dari siapa Anda membeli genset bekas bergaransi sangat penting karena akan memberi Anda wawasan tentang kondisi peralatan yang Anda harapkan. Generator diesel industri adalah bagian mesin yang kompleks yang perlu dirawat dan diuji oleh insinyur bersertifikat untuk mereka untuk beroperasi pada efisiensi optimal.

Kami sangat menyarankan Anda memilih pemasok yang memiliki pemahaman penuh tentang genset dan rekam jejak yang terbukti dan positif dalam penjualan genset bekas. Ini memastikan bahwa mereka akan memeriksa generator secara menyeluruh sebelum menjualnya. Generator terbukti mahal, jadi penting untuk memastikan Anda membeli dari para profesional dan / atau organisasi yang dapat Anda andalkan.

  1. Usia, Jam, dan Penggunaan

Salah satu hal pertama dalam daftar Anda adalah memeriksa waktu kerja, usia, dan penggunaan genset yang ingin Anda beli. Sama seperti mobil, kebanyakan mesin genset memiliki pembacaan odometer yang memberi tahu Anda berapa jam yang dimilikinya. Ini juga membantu untuk mengetahui untuk apa itu digunakan, dan apakah itu digunakan sebagai sumber daya siaga atau yang sedang berlangsung.

Genset yang selama ini digunakan untuk keperluan standby atau cadangan biasanya akan lebih terawat dan kondisinya lebih baik daripada yang digunakan untuk keperluan sumber listrik prima. Namun, perlu diingat bahwa dealer biasanya memperoleh generator melalui penyitaan dan lelang sehingga, seringkali, mereka tidak mengetahui sejarahnya atau dari mana asalnya.

  1. Reputasi Produsen

Saat ingin membeli genset bekas bergaransi, Anda disarankan untuk mencatat sejarah dan reputasi pabrikan genset tersebut. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa setiap pabrikan dengan ulasan atau reputasi buruk harus dihindari sebisa mungkin. Lebih baik berinvestasi dan tenang karena mengetahui bahwa Anda telah memilih pabrikan terpercaya yang memiliki reputasi baik untuk memproduksi peralatan yang andal.

  1. Pemeriksaan Visual

Jika bukan Anda, maka personil yang terlatih harus memeriksa semua komponen mekanis pada genset apakah ada keausan termasuk apakah ada bagian yang retak atau korosi. Setiap bagian yang ditemukan dirasa kurang baik maka harus selalu diganti. Bantalan dan bushing juga harus diganti karena sulit untuk diuji keausannya – jadi yang terbaik adalah menggantinya terlepas dari fungsi atau kondisinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *