Jenis dan Tips Membeli Besi Beton

Besi beton merupakan bagian integral dari sebuah rumah. Baik itu pondasi atau atap, kolom atau balok, besi beton digunakan untuk memberikan kekuatan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi Anda apakah Anda membeli besi beton yang tepat atau tidak dan apakah toko tersebut jual besi beton sni. Di sini penulis telah membuat daftar beberapa pemeriksaan fisik yang mudah yang akan membantu Anda memilih besi beton yang tepat untuk rumah impian Anda.

Konstruksi rumah membutuhkan material yang berbeda dan karenanya perlu dipelajari. Seseorang perlu melakukan penelitian yang memadai ketika Anda berencana untuk membeli besi beton. Besi beton penting untuk umur sistem struktural . Besi beton dikenal sebagai tulangan dalam bentuk pendek. Besi beton juga dikenal sebagai tulangan atau baja tulangan.

 

Di pasaran Anda bisa menemukan di jual besi beton SNI dengan dua tipe yaitu :

a) Besi beton polos

Besi beton polos memiliki permukaan polos dan bagian atas berbentuk bundar dengan diameter dari 6 hingga 50 mm. Mereka dapat diproduksi dengan panjang yang panjang dan dapat dipotong dengan cepat dan mudah ditekuk tanpa kerusakan. Toko jual besi beton SNI biasanya tersedia dalam Fe410-S (Grade 60) atau Fe410-O (Grade 40). Besi beton tarik sedang tersedia dalam Fe540 (Grade 75).

b) Besi beton ulir

Batang beton ulir berkekuatan tinggi dilengkapi dengan lugs, rusuk atau deformasi pada permukaan batang untuk meningkatkan ikatan dengan beton. Mereka juga dipelintir untuk meningkatkan ikatan dengan beton. Besi beton ulir (Ribbed atau Tor Steel Bars) direkomendasikan sebagai batang baja kualitas terbaik untuk pekerjaan konstruksi.

 

Tips Membeli Besi Beton

  • Besi beton yang akan digunakan harus bertanda SNI.
  • Besi beton harus digulung dengan rapi ke dimensi dan bagian. Palang harus bebas dari cacat permukaan, laminasi, tepi yang kasar dan tidak sempurna, dan semua cacat berbahaya lainnya.
  • Besi beton juga harus bebas dari skala penggilingan longgar, karat lepas, cat, minyak dan lapisan minyak dll.
  • Berat besi beton harus sesuai dengan berat standarnya. Untuk memastikannya, ambil sepotong batang (sebaiknya sepanjang 1 meter atau lebih) dan angkat beratnya. Kemudian bagi bobot ini dengan panjangnya dan Anda akan mendapatkan bobotnya per meter panjangnya dan sekarang periksa apakah bobot tersebut sesuai dengan bobot standarnya atau tidak. Periksa Berat Standar Batang Baja
  • Jika Anda membengkokkan besi beton, tidak ada retakan di permukaannya.
  • Karena tidak mungkin bagi orang biasa untuk menyelesaikan uji kimia untuk besi beton, tetapi Anda harus meminta supplier jual besi beton SNI untuk memberikan sertifikat uji Produsen dan menghubungkan Nomor Batch dari lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *