Berbagai Jenis dan Kegunaan Balok Baja

Kegunaan Balok Baja

Tidak banyak yang mengetahui tentang perbedaan jenis dan kegunaan balok baja. Balok baja sangat penting dan diperlukan untuk konstruksi semua bangunan atau struktur, seperti jembatan, dll. Balok tersebut tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bergantung pada beberapa faktor yang berbeda, faktor yang tepat untuk aplikasi Anda akan bermanfaat untuk kebutuhan konstruksi Anda.

Setiap item struktural pendukung yang membentang di suatu area dan dirancang untuk menopang beban secara luas disebut sebagai ‘balok baja’. Setiap balok baja yang berbeda menawarkan beberapa sifat unik yang memastikan Anda mendapatkan tingkat dukungan yang Anda butuhkan untuk jenis konstruksi Anda. The klasifikasi balok baja tergantung pada geometri dan cara mereka didukung. Mereka bisa melengkung dan lurus, namun yang paling umum digunakan adalah balok lurus.

Berikut adalah beberapa bentuk balok baja umum yang tercantum di bawah ini:

I-Beam:

Balok baja ini berbentuk seperti huruf kapital ‘I’, sesuai dengan namanya. Mereka biasanya digunakan dalam aplikasi industri dan memiliki flensa meruncing. Balok baja penampang berbentuk I memiliki dua gaya yang berbeda, yang satu memiliki permukaan sayap sejajar (lebar), sedangkan yang lainnya memiliki kemiringan pada permukaan sayap bagian dalam (balok-S).

W-Beam:

Ini mirip dengan balok-I dan juga disebut balok ‘sayap lebar’. Mereka memiliki flensa lurus dan paling sering digunakan dalam konstruksi perumahan.

H-Beam:

Ini umumnya lebih berat dan lebih panjang dari balok-I. Tampak seperti huruf kapital ‘H’, mereka memiliki flensa yang lebih panjang. Seringkali, istilah ini digunakan secara bergantian dengan balok-I, jadi ini terkadang membingungkan. Balok-H memiliki jaring dan flensa yang memiliki ketebalan yang sama dalam banyak kasus.

Channels:

Seperti separuh balok I, ini memiliki penampang berbentuk C. Bagian atas dan bawah balok memiliki permukaan sayap bagian dalam yang miring yang keluar hanya pada satu sisi balok. Mereka digunakan untuk menopang beban yang lebih ringan karena tidak sekuat bentuk balok lainnya.

Ada berbagai bentuk dan ukuran tambahan yang tersedia dalam balok baja yang bisa Anda temukan di supplier baja wf di surabaya. Karena banyak balok baja berbentuk berbeda tidak dapat diklasifikasikan sebagai balok standar I atau balok W, dll. Anda dapat menghubungi supplier baja wf di surabaya untuk mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis dan penggunaan balok baja. Bergantung pada kebutuhan konstruksi Anda, kami akan merekomendasikan jenis balok baja yang paling tepat yang dapat digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *