8 Cara Untuk Merefresh Kampanye Online Marketing Milikmu

8 Cara Untuk Merefresh Kampanye Online Marketing Milikmu

Ketika bisnismu baru saja dimulai, kita mungkin menempatkan rencana pemasaran dasar terlebih dahulu. Untuk semua bisnis skala kecil, langkah awal yang biasa dilakukan ialah mensetting akun sosial media untuk keperluan bisnis. Di awal-awal bisnis para wirausahawan biasanya akan mendefinisikan konsumen ideal mana yang akan mereka tuju. Termasuk melakukan optimisasi website.

Ketika perusahaan semakin berkembang, rencana pemasaran yang telah disusun malah bisa menyimpang dari apa yang sudah direncanakan. Hal ini sangat terkait dengan beberapa tugas administratif yang harus dilaksanakan dan pada akhirnya rekan Indopreneurs memilih jalan yang lebih sederhana yaitu dengan menggunakan fitur-fitur otomatis pada akun sosial media.

Jika sudah merasakan nuansa kejenuhan dalam menjalankan kegiatan operasional, adakalanya kita perlu untuk melakukan refresh terhadap apa yang sudah kita lakukan selama ini. Apa saja 8 hal yang bisa kita lakukan untuk merefresh marketing campaign kita? Simak ulasannya berikut ini.

Analisa Traffic Website

Untuk melakukan improvisasi online marketing milik rekan Indopreneurs, anda memerlukan data-data pemasaran yang telah dilakukan di masa lalu. Dalam beberapa cara, merevisi sebuah strategi jauh lebih mudah ketimbang harus membuat sebuah strategi baru. Hal ini akan dipermudah dengan adanya Google Analytics, rekam jejak website yang anda miliki bisa dianalisa dengan menggunakan perangkat itu. Jika anda mau mencoba dengan cara lain, rekan Indopreneurs juga bisa menganalisa rekam jejak website dengan menggunakan Statcounter. Jika kamu menggunakan perangkat baru untuk menganalisa biarkan data terkumpul selama sebulan penuh terlebih dahulu sebelum melakukan analisa lebih lanjut.

Targetkan kembali kampanyemu pada jaringan yang tepat

Pemasaran melalui sosial media adalah sumber daya yang insentif. Melakukan usaha sendirian untuk menjangkau semua jaringan sosial di dunia maya adalah hal yang tidak mungkin terkecuali jika anda bekerja sama secara purna waktu dengan perusahaan agensi pemasaran. Sebagai bagian dari langkah pembaharuan metode pemasaran anda, lihatlah konten pemasaran anda yang mencapai traffic tertinggi kemudian analisa kelebihan yang dimiliki konten tersebut. Lalu, berfokuslah pada usaha untuk menyampaikan konten pemasaran yang berkualitas.  Jika usaha rekan Indopreneurs merupakan usaha Business to Business sebaiknya platform media sosial seperti LinkedIn paling direkomendasikan untuk digunakan. Namun jika usaha rekan Indopreneurs adalah usaha Business to Consumer maka media Facebook dan Twitter adalah media yang paling cocok digunakan.

Lihatlah metode penyampaian anda

Sebagai seorang entrepreneur, waktu adalah masalah yang sangat krusial. Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh seorang entrepreneur terkadang membuat mereka mengotomatisasikan konten-konten yang disebarkan di sosial media. Tanpa anda sadari posting otomatis akan membuat audiens merasa tidak dijangkau dengan baik. Tidak disentuh secara personal. Hal ini yang sering mengakibatkan beneficial updates yang rekan Indopreneurs targetkan justru tidak tercapai.

Lihatlah blog paling populer yang dimiliki 

Apakah rekan Indopreneurs sudah merekrut seorang content writer? Apakah content writer tersebut memiliki kemampuan yang ekspert di satu bidang? Jika belum, bisa jadi disitu adalah masalahnya. Orang-orang di sosial media cenderung untuk merespon konten yang berkualitas tinggi dibandingkan dengan postingan yang rutin namun cepat sekali “mati”.

Perhatikan berapa konten pemasaran yang mendapatkan leads

Ketika konten yang disampaikan rekan Indopreneurs mendapatkan Likes di Facebook, Retweet di Twitter atau +1 di Google+ itu merupakan hal yang positif. Namun selama tidak ada followers yang saling berinteraksi, maka hal tersebut sia-sia. Jangan hanya memperhatikan likes atau followers yang dapatkan di sosial media. Fokuslah pada nilai-nilai yang harus dibangun perusahaan untuk para pembaca.Apakah website anda tamai pengunjung karen menggunakan Jasa SEO Bergaransi ? Jika  mencapai standard yang tinggi, traffic akan mengikutinya di kemudian hari.

Pertimbangkan keseimbangan kerja dan hidup

Memanajemen pemasaran dalam bisnis merupakan bagian hidupmu, namun bukan berarti bahwa seluruh waktumu dikerahkan untuk mengerjakan hal tersebut. Saat ini di berbagai belahan dunia sudah mulai banyak isu di sosial media yang mengangkat tema keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. Berikan waktu luang untuk mengistirahatkan pikiran dari segala rutinitas pekerjaan. Hal ini akan membuat rekan Indopreneurs lebih segar ketika kembali ke dunia bisnis.

Berfikirlah bagaimana caranya untuk menggunakan kembali konten yang sudah pernah diterbitkan

Menerbitkan kembali artikel yang sudah pernah diposting memiliki resiko yang tidak terprediksi. Namun metode penyampaian yang digunakan bisa dirubah. Ubahlah artikel yang telah rekan Indopreneurs posting ke dalam bentuk infographic atau diterbitkan kembali dalam bentuk kumpulan artikel dalam e-book. Hal ini bisa menjadi hal yang menarik perhatian di sosial media.

Persiapkan untuk peluncuran strategi yang telah dirancang

Leads baru memberikan kesempatan baru dan dapat meningkatkan bisnis yang sedang lesu. Persipakan tim kerjamu untuk membangun dan menghadapi arus nilai-nilai baru. Dengan memberikan sumber daya yang  miliki, makaakan mendapatkan manfaat dari metode pemasaran baru yang telah dirancang. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *