Tips Membeli Apartemen dengan Harga Terbaik

Trend tinggal di apartemen makin meningkat di kalangan para pekerja di lingkungan perkotaan besar, khususnya Jakarta. Pergeseran gaya hidup dan kebutuhan akan kemudahan transportasi pulang dan pergi ke tempat kerja sepertinya adalah dua hal utama yang mendasari naiknya trend tersebut. Padahal beberapa tahun yang lalu, kawasan pinggiran kota Jakarta masih menjadi hunian favorit bagi mereka. Para pelaku bisnis menangkap baik demand tersebut dengan berlomba-lomba menawarkan iklan jual aprtemen dengan uang muka yang menggiurkan, beragam fasilitas pendukung serta lokasi yang menarik minat para calon pembeli.

Berhati-hati dalam memilih dan membeli apartemen, kenali kebutuhan Anda bukan hanya sekedar keinginan. Terlebih jika budget yang Anda miliki tidak begitu longgar, maka tips berikut ini semoga dapat membimbing Anda menemukan apartemen dengan harga terbaik:

Kenali Developer

Tips pertama adalah memilih developer mana yang akan Anda andalkan. Mengetahui man behind the gun adalah penting untuk mengetahui sejauh mana kualitas apartemen yang ditawarkan. Kenali track record si pengembang. Kredibilitasnya dapat Anda pelajari dari berbagai sumber informasi.

Survey Lokasi

Setelah menentukan developer pilihan Anda, pasti Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan lokasi apartemen. Seperti halnya membeli rumah, membeli apartemen sepaket dengan membeli lingkungan sekitarnya. Pelajari lokasi apartemen-apartemen yang Anda incar, terutama fasilitas umum, semisal rumah sakit, pusat perbelanjaan, stasiun atau terminal, dan sebagainya. Umumnya, makin dekat apartemen tersebut dengan fasilitas-fasilitas umum, maka harga jual apartemen yang ditawarkan cukup tinggi. Jika Anda pekerja kantoran, cukup pilih yang dekat dengan kantor Anda saja, walaupun cukup jauh dari fasilitas umum lainnya tidak mengapa.

Tentukan Kebutuhan Anda

Selain lokasi, interior apartemen itu sendiri perlu diperimbangkan dengan masak, karena Anda akan membeli kenyamanan di dalamnya. Setidaknya terdapat tiga jenis apartemen yang dijual, yaitu unfurnished (tanpa furniture), semi furnished (terdapat furniture sebagian), full furnished (furniture lengkap, siap huni). Apabila Anda telah memiliki beberapa furniture, maka akan menjadi sebuah pemborosan jika Anda memilih apartemen full furnished. Atau jika Anda bukan tipe orang yang senang tinggal dengan banyak furniture, memilih apartemen semi furnished akan terasa hemat.

Selain itu, Anda pasti ingin hidup sehat di dalam apartemen Anda nantinya. Sebaiknya Anda pilih apartemen yang memiliki bukaan-bukaan yang optimal, sehingga pencahayaan dan penghawaan alami dapat masuk dengan leluasa.

Tentukan Beberapa Pilihan

Setelah poin ke 3 terlewati, tentunya saat ini Anda telah memiliki beberapa kandidat apartemen idaman yang menunggu Anda beli. Ada baiknya Anda membuat list yang berisi kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan. Apartemen dengan kelebihan yang paling banyak layak Anda pilih.

Pilih momen yang pas ketika membeli

Jelang akhir tahun, umumnya para pengembang gencar menawarkan promo harga jual apartemen dengan diskon besar-besaran. Nah, momen ini saying jika dilewatkan begitu saja. Bahkan Anda bisa mendapat cash back setelah membeli satu unit apartemen di masa promo tersebut.

Semoga tips-tips di atas cukup membantu Anda menemukan apartemen idaman Anda dengan harga terbaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *